hostgator coupons

Selamat datang di Blog Aku

Ini Hanya Ungkapan Hati Dari Putra Daerah Tarutung

Jumat, 23 Mei 2008

Gempa berkekuatan 6,1 sr Guncang Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan

senin (19/05) malam, Gempa berkekuatan 6,1 melanda kab. Tapanuli Utara dan Tapanuli tengah, kondisi paling parah terjadi di Desa Simangumban Julu, Simangumban Jae, Sipetang Simajambu dan Desa Bongbongan serta sejumlah anak desa di sekitarnya, Kec. Simangumban, Kab.Tapanuli Utara.
Di daerah ini, tepatnya di Sipetang berjarak sekira 25 kilometer dari Sipirok arah Tarutung terdapat dua patahan badan jalan disertai longsor dan anjlok hingga kedalaman sekira 4 meter dengan panjang antara 21 sampai 30 meter, mengakibatkan arus lalu lintas putus total dari Tarutung ke Sipirok maupun sebaliknya.
Kerusakan pertama yang berjarak sekira 21 kilometer dari Sipirok sama sekali tidak menyisakan badan jalan sehingga kendaraan roda dua yang akan melintas terpaksa digiring berjalan kaki melewati sisa-sisa berem jalan dari sebelah kiri kaki bukit.Sedangkan patahan kedua masih menyisakan sekira 30 centimeter badan jalan.
Berdasarkan informasi, dan data di Posko Satkorlag di Kec. Simangumban, Tapanuli Utara tercatat sedikitnya 275 rumah penduduk rusak berat dan ringan, terdiri dari 55 unit rumah di Desa Simangumban Julu, 42 rumah di Desa Simangumban Jae, 141 rumah di Sipetang Simajambu, 30 rumh di Desa Bongbongan dan 7 rumah di Desa Si Bulanbulan.
Sedangkan gedung sekolah yang rusak akibat guncangan gempa yang cukup dahsyat tercatat 8 SD terdiri dari 5 unit rusak total dan 3 unit rusak berat. Sarana ibadah 8 unit mengalami kerusakan total, berat dan ringan yang terdiri 3 unit masjid, 5 unit gereja.
Data kerusakan rumah penduduk dan infrastruktur lainnya di daerah Kec. Simangumban, Taput belum lengkap sebab hingga pukul 14.00 data di Poko tersebut masih terus bergerak naik setelah masuknya laporan dari masing-masing kepala desa. Apalagi ada sejumlah daerah yang sulit ditempuh untuk mendata dampak bencana alam ini.
Sementara itu, di Kec. Sipirok dan Kec. Arse, Kab.Tapanuli Selatan tercatat 5 unit rumah rusak berat, dan lebih 100 unit lainnya mengalami rusak ringan seperti retak-retak. Ditambah satu unit Masjid Taqwa Muhammadiyah di Pasar Sipirok dan Gedung SD 146979 Hutaimbaru, Sipirok, sebahgian besar bangunannya rata dengan tanah sehingga tidak dapat dipergunakan lagi untuk proses belajar mengajar.
Berdasarkan data dari dua kabupaten bertetangga ini untuk sementara tercatat 380 rumah penduduk mengalami rusak berat dan ringan, bahkan ada yang hancur total ditambah 9 unit SD, 4 masjid dan 5 gereja.
Di sepanjang badan jalan menjelang Aek Latong hingga ke perbatasan Tapsel dan Taput yang berjarak sekira 15 kilometer terdapat belasan titik longsor, belasan badan Jalinsum patah akibat guncangan gempa 6,1 SR yang diikuti gempa susulan sebanyak 3 kali.
Infrastruktur di Taput Rusak
Selain merusakkan ruas jalan di Tapanuli Utara, gempa juga mengakibatkan rusaknya rumah penduduk, rumah ibadah, gedung sekolah rusak. Sedangkan korban jiwa dua orang luka luka dan kerugian puluhan miliar rupiah.
Infrastruktrur yang rusak yakni rumah penduduk rusak total 25 pintu, rusak berat 45 pintu, ringan 192 pintu. Rumah ibadah seperti gereja rusak total satu unit, rusak berat 2 unit, ringan 2 unit.
Masjid, rusak berat 2 unit, rusak ringan 1 unit. Gedung sekolah, rusak total 5 unit, rusak berat 3 unit, rusak ringan 3 unit. Korban manusia, luka berat 2 orang, luka ringan 2 orang. Dan rumah salah satu warga atas nama Syapril Butarbutar ikut terbawa tanah longsor sepanjang 50 meter.
Pihak Pemkab Taput langsung turun ke lokasi kejadian di Simangumban bertatap muka dengan para korban, sekaligus rombongan Muspida Taput dikoordinir Bupati Torang Lumbantobing melaksanakan acara adat Batak ‘manjomput boras sipirni tondi’ (upah-upah menjemput semangat) dan doa bersama dipimpin HP Marpaung .
Di lokasi kejadian, Sat. Pol PP Taput, aparat keamanan TNI/Polri bersama warga melakukan pertolongan dan mengevakuasi korban dan pengamanan terhadap harta benda milik warga sekitar dengan menurunkan beberapa alat berat dari Dinas PUK Taput.
Bupati Taput dan rombongan juga melakukan penyisiran terhadap seluruh pemukiman penduduk sekitar lokasi bencana guna melihat secara dekat berapa kerusakan infrastruktur akibat gempa.
Bupati Taput Torang Lumbantobing (Toluto) melalui Kabag Humin Drs. Pestalen Pasaribu, kepada wartawan di Tarutung menjelaskan, dalam waktu dekat kerugian yang timbul akibat bencana gempa akan dilaporkan ke provinsi dan pusat untuk mendapatkan perhatian dan bantuan pembangunan infrastruktur kembali.

0 comments: